Rekomendasi 10 Film Survival Terbaik, Mengajarkan Pantang Menyerah di tengah Keputusasaan

Film Survival Terbaik

Survival atau bertahan hidup (menyintas) merupakan salah satu tema yang paling populer di dunia hiburan. Baik itu di film, serial, komik, atau game. Di film, tema ini pun hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari film berdasar kisah nyata sampai bergaya distopia. Pencarian atas film survival terbaik selalu ada.

Di sini kami akan membahasnya lebih jauh.

Soal Film Survival

Premis film survival itu bisa diringkas seperti ini: Misalkan saja kamu terdampar dan tersesat di tempat asing, bisa saja di tengah hutan lebat atau padang pasir, atau terperangkap dalam kecelakaan pesawat, di situasi lain bayangkan saja kamu terdampar di luar angkasa.

Apa yang akan kamu lakukan untuk bisa selamat? Itulah yang tersirat di kepala siapa saja yang menonton film survival. Bisa saja kamu bersiap dengan berbagai peralatan lengkap seperti sepatu hiking dan makanan serta obat-obatan. Jangan lupa juga berbagai pengetahuan dasar soal survival.

adegan salah satu film survival terbaik, cast away
Gambar: 20th Century Studio

Tapi, apa itu saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Konflik antara manusia melawan alam begitu dinampakkan di film genre ini. Beberapa bahkan diadaptasi dari cerita nyata, membuat beberapa bisa membuatmu bergidik ngeri karena bisa terjadi padamu dan orang-orang terdekatmu.

Beberapa dari film ini lebih fokus ke sisi action, beberapa fokus ke sisi psikologis, bahkan ada yang menekankan sisi horor dari situasi tersebut. Skala survival juga beragam, ada yang menyangkut diri sendiri, daerah sekitar, sampai menyangkut seluruh dunia.

Rekomendasi Film Survival Terbaik

Berikut kami rangkum rekomendasi film survival bagi kamu yang ingin menyelam lebih dalam soal genre ini. Harap dimaklumi kalau daftar ini tidak berdasarkan ranking.

1. The Mist

Film yang bisa juga dikategorikan sebagai sci-fi dan horor ini diadaptasi dari novel berjudul sama dari pengarang horor top, Stephen King.

The Mist juga menjadi fenomena langka, di mana menjadi film adaptasi novel Stephen King yang dipuji lebih baik dari novelnya dengan plot twist di akhir yang tak terduga. Patut diingat kalau Stephen King sangat perfeksionis, dan bahkan beberapa kali berseberangan dengan sutradara yang mengadaptasi novelnya.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Berdasar Kisah Nyata Terbaik

Menceritakan tentang David Drayton (Thomas Jane) dan anak laki-lakinya yang terjebak badai besar di kota mereka. David dan anaknya pergi ke kota untuk mencari suplai dan makanan, sebelum kabut tebal menelan seisi kota dalam sekejap, memperangkap Drayton sekeluarga beserta penduduk lainnya di pusat perbelanjaan.

Teror mulai mencekam setelah itu. Berbagai makhluk menakutkan menampakkan diri di luar. Sementara di dalam, ada teror dari orang-orang yang psikisnya labil mulai mengancam.

JudulThe Mist
Tahun Rilis2007
GenreHoror, Sci-fi, Thriller
SutradaraFrank Darabont
CastThomas Jane, Marcia Gay Harden, Laurie Holden
IMDB Rating7.1

2. The Revenant

Meski sudah merupakan nama besar di industri Hollywood selama beberapa dekade, Leonardo DiCaprio baru memenangkan pertama kali penghargaan Academy Award untuk Best Actor lewat perannya di film The Revenant.

Sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu juga mendapat penghargaan Academy Award untuk kategori Best Director setelah sebelumnya pernah meraihnya lewat filmnya, Birdman.

The Revenant menceritakan tentang seorang penjelajah yang dibiarkan dan ditinggal untuk mati. Tanpa seorangpun menduga, dia berhasil selamat dan memulai langkahnya kembali dari alam ke peradaban, melewati berbagai rintangan horor di tengahnya.

Apresiasi patut diberikan pada Leonardo DiCaprio, yang rela mengubah penampilannya begitu drastis agar mau menjiwai seseorang yang menghilang di tengah buasnya alam.

JudulThe Revenant
Tahun Rilis2015
GenreAction, Adventure, Drama
SutradaraAlejandro Gonzalez Inarritu
CastLeonardo Di Caprio, Tom Hardy, Will Poulter
IMDB Rating8.0

3. Tremors

Kebanyakan film survival memperlakukan karakter dan audiens mereka sebagai orang bodoh. Beberapa terjebak di situasi yang tak terduga, dan ditambah kekikukan mereka, kemudian situasi bertambah runyam.

Tetapi, Tremors yang disutradarai oleh Ron Underwood ini benar-benar menempatkan karakter mereka dan audiens dalam situasi bencana dan kritis, lengkap dengan menanggapinya dengan langkah-langkah tepat, tetapi situasi tetap bertambah buruk akibat hal-hal di luar kuasa mereka.

Meski demikian, film ini tetap lighthearted dan penuh komedi. Menceritakan dua tukang servis bernama Val McKee (Kevin Bacon) dan Earl Bassett (Fred Ward) yang lelah dengan kehidupan membosankan mereka di kota padang pasir Perfection, Nev.

Tetapi, ketika mereka mencoba keluar kota, mereka mendapati berbagai peristiwa kematian misterius. Seorang ahli gempa (Finn Carter) khawatir dengan getaran bawah tanah. Dengan bantuan anggota lainnya, McKee dan Bassett harus mencoba selamat dari monster ular raksasa bawah tanah ala Dune.

BACA JUGA  Film Margot Robbie Sebelum Birds of Prey Yang Layak Tonton
JudulTremors
Tahun Rilis1990
GenreComedy, Horror
SutradaraRon Underwood
CastKevin Bacon, Fred Ward, Finn Carter
IMDB Rating7.1

4. Gravity

Jika kamu membayangkan terdampar di luar angkasa, di dalam sebuah pesawat ulang alik terasa menyeramkan, bayangkan terdampar di luar angkasa tanpa pesawat.

Film pemenang Oscar dari sutradara Alfonso Cuaron ini menceritakan tentang seorang teknisi medis (Sandra Bullock) yang misi pertamanya berakhir horor setelah sebuah debris menghancurkan shuttle-nya, memusnahkan seluruh anggota kru.

Tetap bertekad untuk selamat, astronot tersebut harus berjibaku mencari cara untuk bisa selamat dan kembali ke Bumi. Film ini dinominasikan untuk 10 kategori Academy Award, dan memenangkan tujuh kategori. Di antara kategori tersebut adalah Best Actress, Best Picture, dan Best Director.

JudulGravity
Tahun Rilis2013
GenreDrama, Sci-Fi, Thriller
SutradaraAlfonso Cuaron
CastSandra Bullock, George Clooney, Ed Harris
IMDB Rating7.7

5. Cast Away

Aktor kawakan Tom Hanks menunjukkan peran yang kontras dengan persona “orang baik” yang selalu disematkan padanya di berbagai film lewat Cast Away. Film ini menceritakan seorang pegawai FedEx (Tom Hanks) yang perjalanan pesawatnya berakhir mengenaskan karena pesawatnya terjatuh.

Dia terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Untuk bisa bertahan hidup seorang diri selama beberapa bulan, dia harus memberanikan diri menghadapi berbagai elemen, mulai dari kerasnya alam, ketahanan tubuh manusia,pedihnya isolasi dari orang lain, sampai kisah “cinta”-nya dengan bola voli.

Tom Hanks dinominasikan untuk meraih Academy Award lewat perannya di film ini.

JudulCast Away
Tahun Rilis2000
GenreAdventure, Drama, Romance
SutradaraRobert Zemeckis
CastTom Hanks, Helen Hunt, Paul Sanchez
IMDB Rating7.8

6. 127 Hours

Aktor James Franco berhasil dinominasikan di Academy Award lewat performanya di film 127 Hours. Wajar, karena film ini pantas disebut sebagai salah satu film survival terbaik yang diadaptasi dari kisah nyata.

Pada tahun 2003, seorang pendaki bernama Aaron Ralston (James Franco) terjatuh saat mendaki seorang diri di Canyonlands National Park, Utah. Aaron terjatuh dan terjebak, kedua tangannya terjepit antara dua batu besar, makin menekan dan menghancurkan tangannya.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Kungfu Terbaik, Dunia Beladiri Bercampur Supranatural

Seiring waktu berjalan, dia menyadari satu-satunya cara untuk selamat adalah dengan mengamputasi tangannya. Tanpa harus dijelaskan, bersiaplah dengan pengalaman film yang penuh stress namun penuh inspirasi.

Judul127 Hours
Tahun Rilis2010
GenreBiography , Drama
SutradaraDanny Boyle
CastJames Franco, Amber Tamblyn, Kate Mara
IMDB Rating7.6

7. Life of Pi

Sutradara Ang Lee berhasil membuat salah satu film survival terbaik lewat Life of Pi, yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Yann Martel.

Life of Pi menceritkan Piscine Molitor “Pi”Patel, seorang anak laki-laki yang terjebak di atas perahu kecil setelah kapal yang dia tumpangi tenggelam.

Tetapi, Pi tidak sendiri. Ada berbagai hewan yang dimaksudkan untuk dipindah ke kebun binatang. Salah satu hewan tersebut adalah seekor harimau Bengal.

Di tangan Ang Lee, film survival ini terlihat lebih indah ketimbang menegangkan. Life of Pi dinominasikan pada Academy Awards untuk 12 kategori. Film ini kemudian memenangkan Oscar untuk kategori Best Director, Best Cinematorgraphy, Best Score, dan Best Visual Effects.

JudulLife of Pi
Tahun Rilis2012
GenreAdventure, Drama, Fantasy
SutradaraAng Lee
CastSuraj Sharma, Irrfan Khan, Adil Hussain
IMDB Rating7.9

8. The Way Back

Jangan tertukar dengan film tahun drama tahun 2020 yang dibintangi Ben Affleck. The Way Back yang ini dibintangi oleh Jim Sturgess yang berperan sebagai Slawomir Rawicz.

Slawomir adalah mantan tahanan perang dari Polandia yang dipenjara di camp kerja paksa Gulag, Siberia, setelah dikhiantai oleh istrinya saat perang dunia kedua.

Walau dia berhasil kabur dari camp bersama beberapa tahanan lainnya, mereka harus berjalan menjelajahi jalan pulang sepanjang 4000 mil menembus pegunungan Himalaya untuk bisa benar-benar selamat.

Film ini terinspirasi dari ksiah nyata.

JudulThe Way Back
Tahun Rilis2010
GenreAdventure, Drama, History
SutradaraPeter Weir
CastJim Sturgess, Ed Harris, Colin Farrel
IMDB Rating7.3

9. The Grey

Bisa dibilang puncak pertunjukan aktor Liam Neeson sebagai aktor laga action. The Grey menceritakan karakter pemburu yang menggunakan senapan yang diperankan Neeson bernama Ottway. Ottway bekerja di sebuah kilang minyak di Alaska.

Ketika pesawat mereka terjatuh ke wilayah yang tak diketahui, Ottway dan tujuh rekannya harus bertarung melawan berbagai elemen agar bisa bertahan hidup dan selamat, pulang ke rumah mereka.

Agar bisa selamat di pedalaman Alaska saja sudah menguras mental, terlebih setelah kecelakaan. Tetapi, Ottway harus bergegas. Karena, ada yang lebih menakutkan menunggunya dan teman-temannya apabila tak segera bergegas. Kawanan serigala buas nan liar yang mengejar mereka.

JudulThe Grey
Tahun Rilis2011
GenreAdventure, Drama, Action
SutradaraJoe Carnahan
CastLiam Neeson, Demot Mulroney, Frank Gillo
IMDB Rating6.9

10. The Martian

Film tentang menyelamatkan diri di luar angkasa sudah dibahas lewat Gravity di daftar 10 film survival terbaik ini. Tetapi, The Martian menunjukkan konsep yang lebih jauh, bagaimana bisa selamat di planet lain seorang diri.

Diadaptasi dari novel karya Andy Weir, The Martian menceritakan tentang seorang ahli tanaman yang terjebak di planet merah Mars dalam salah satu misi astronot di planet tersebut. Dia harus mencari tahu agar bisa selamat, melakukan berbagai tindakan termasuk membuat makanan sendiri dan mencari sumber air.

Semua itu sambil terus berusaha mengkontak kru penyelamat di Bumi. Lebih lighthearted ketimbang film-film lainnya di daftar film survival terbaik ini, tetapi tetap menjadi film yang menghibur tentang bagaimana menghadapi keputusasaan.

JudulThe Martian
Tahun Rilis2015
GenreAdventure, Drama, Sci-Fi
SutradaraRidley Scott
CastMatt Damon, Jessica Chastain, Kristen Wiig
IMDB Rating8.0

Apa Film Survival Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi 10 film survival terbaik dari kami. Bagaimana menurutmu? Apa ada film yang sudah kamu ketahui?

%d blogger menyukai ini: