10 Manhwa Webtoon Kehidupan Sekolah Terkeren. Ada Favoritmu?

Salah satu tema yang paling populer di komik webtoon adalah kehidupan sekolah. Selain berbumbu kisah romantis, tidak sedikit dari manhwa ini yang menyorot masalah bullying dan geng sekolah.

Lebih jauh dari sekedar budaya bullying, muncul juga budaya melihat orang dari tampang, problematika dunia digital, perjudian, isu guru, sampai kemiskinan. Jadi, komik bertema anak sekolahan ini justru menyoroti problem besar meledaknya budaya populer dan selebritas di Korea.

Oya, seperti kebanyakan manhwa, beberapa komik ini juga mendapat bumbu kemampuan seperti di game. Sedikit berbau fantasi. Tapi tidak sedikit pula yang berhubungan dengan media sosial.

Rekomendasi Komik Webtoon Anak Sekolah

1. How To Fight

Pertama ada How To Fight. Komik buatan Taejoon Park dan Kim Junghyun ini sangat terkenal karena menggabungkan unsur aksi dan komedi.

Berlatar content creator, komik ini menceritakan usaha siswa sekolah untuk jadi populer. Meski bergenre komedi, komik ini sangat kritis terhadap banyak isu dari mulai kesehatan mental sampai kemiskinan.

2. Lookism

Selanjutnya ada Lookism. Sama seperti How To Fight, komik ini dibuat oleh Taejon Park. Secara singkat, Lookism ini menceritakan soal tampilan fisik seseorang. Ini adalah refleksi nyata di Korea Selatan.

Kita bisa melihat bagaimana perlakuan baik masyarakat pada mereka yang memiliki tampang rupawan dan perlakuan buruk masyarakat pada mereka yang bertampang jelek. Seiring waktu berjalan, cerita Lookism semakin kompleks dan kritik yang dibawa sang author semakin meluas.

3. Questism

MC komik Questism ini, Kim Suhyeon, punya karakter lemah dan tidak berdaya ketika ada bullying di sekolahnya. Namun tiba-tiba ia memiliki kemampuan seperti di game, dan berniat mengalahkan berbagai geng sekolah lain.

Permasalahan geng sekolah memang kerap jadi topik utama di komik (lihat saja Tokyo Revengers untuk manga). Walau begitu, Questism membawakan persaingan geng sekolah ini dengan nuansa komedi dan karakter tokoh yang kocak.

4. Study Group

Study Group adalah komik bertema sekolah yang sangat menarik untuk diikuti. Komik Korea ini ditulis oleh Hyungwook Shin dan Seungyeon Ryu. Sama seperti judulnya, manhwa ini menceritakan sekelompok siswa yang mendirikan kelompok belajar demi mendapatkan nilai baik di sekolahan.

Siapa sangka Study Group tersebut justru mendapatkan penantang dan musuh. Dari sini sang karakter utama yang terlihat kutu buku memperlihatkan kemampuan bertarungnya. Brutal, berbeda jauh dengan penampilan luarnya.

5. Get Back

Jika kamu bosan dengan manhwa yang memiliki MC laki-laki, nggak ada salahnya kamu membaca Get Back karya Seyoon. Bukan sekolah, komik ini berlatar pendidikan di sebuah panti asuhan.

Dua tokoh utama dalam komik ini sama-sama anak yatim piatu yang terus berusaha bertahan hidup. Bahkan salah satu tokoh utama dalam komik ini diadopsi oleh keluarga mafia yang mendidik anaknya dengan keras.

6. The Real Lesson

The Real Lesson adalah manhwa yang dirilis tahun 2020 silam. Manhwa ini dibuat oleh Chae Yongtaek dan Han Garam. Bertema kehidupan sekolah dan pendidikan, manhwa ini berkisah tentang perubahan radikal pada cara mengajar guru.

Seperti kita tahu, hari ini banyak murid yang ‘seenaknya’, nggak menghormati guru dan berlindung di balik Hak Asasi Manusia. Komik ini kemudian hadir untuk menawarkan cara pengajaran radikal dengan menggunakan kekerasan fisik.

7. Dead Life

Buat kamu pecinta zombie, manhwa Dead Life yang ditulis hooressha dan Lim Jin Guk ini sangat kami rekomendasikan. Layaknya film atau serial zombie, komik ini menceritakan penularan virus berbahaya yang mengubah manusia menjadi zombie.

Bedanya, latar dalam Dead Life ini adalah SMA yang dikepung oleh serangan zombie. Siswa yang terjebak harus bertahan hidup dari serangan makhluk ganas tersebut. Menariknya, Karakter utama dalam komik ini adalah zombie yang memiliki kecerdasan. Ia berniat untuk menemukan anti-virus dan mengawal siswa lain untuk selamat dan keluar dari sekolah.

8. The Boxer

The Boxer adalah komik aksi yang sedang banyak dibicarakan pecinta komik. Dibuat oleh JH, komik ini mendapat perhatian karena metode penceritaan yang nggak biasa.

Pada manhwa ini, kita nggak akan menemukan tokoh utama atau tokoh pembantu. Total ada 5 tokoh yang disoroti dengan porsi penceritaan yang merata.

Loser Life

Loser Life, juga dikenal sebagai My Life as a Loser, bercerita soal Jang Ancheol yang biasa mem-bully, terlempar ke masa lalu dan masuk ke tubuh Kim Jinwoo yang sering ia ganggu.

Komik ini menarik, karena kita bisa melihat perspektif berbeda dari pelaku menjadi korban. Termasuk bagaimana ia mengatasi situasi ini.

10. Money and the Power

Terakhir ada Money and Power. Manhwa ini menceritakan kehidupan seorang siswa yang memiliki penampilan yang nggak biasa. Sang tokoh utama memiliki tatto di sekujur tubuhnya dan juga anting-anting yang semakin membuat penampilannya jauh dari kata baik.

Di balik penampilan tersebut, rupanya sang tokoh utama berniat untuk menghancurkan peraturan sekolah dimana perjudian dilegalkan. Oiya komik ini dibuat oleh dua orang yakni Dongwoo Han dan Dohee Lee.

Nah, itu dia rekomendasi manhwa Webtoon tema kehidupan sekolah paling keren versi Popculture.id. Gimana Popins adalah komik favorit kalian pada daftar di atas? Atau kalian punya rekomendasi manhwa lain? Yuk tulis di kolom komentar~


Artikel ini aslinya ditulis oleh Husna Rahman Fauzi dan sudah diperbarui.

Yuk, lanjut baca
Review Film Outside The Wire: Lengkap Tapi Kurang Menggigit
%d blogger menyukai ini: