10 Film Plot Twist Terbaik, Penuh Kejutan dan Intrik Tersembunyi

Film Plot Twist Terbaik

Untuk membuat film yang bagus, tentunya harus dimulai dengan cerita yang bagus pula. Salah satu pola yang populer bagi produser adalah berusaha membuat film plot twist terbaik. Kebanyakan film mengikuti struktur tiga babak yang membangun cerita di awal, mengirim karakter dalam sebuah misi, dan menyelesaikannya dengan penyelesaian.

Struktur jenis ini sudah populer selama bertahun-tahun dan menjadi blueprint dari kebanyakan film yang ada sekarang. Meski demikian, seorang penulis skrip yang bagus dapat memasukkan teknik mereka sendiri beserta elemen cerita unik pada struktur tersebut.

Tujuan film adalah membuat audiens terhibur dari awal sampai akhir. Cara bagus untuk mencapainya adalah dengan memasukkan pertanyaan dan misteri yang belum terjawab sepanjang cerita untuk membuat audiens mengira jawabannya sampai cerita selesai.

Film plot twist sangat memuaskan bagi penonton, karena mampu mengejutkan mreka dengan membalikkan keadaan dan menunjukkan skenario yang belum pernah mereka kira. Pembuat film sudah banyak memasukkan metode ini ke film sepanjang sejarah perfilman, dan hasilnya bisa teramat bagus atau malah buruk.

Berikut ini kami rangkum beberapa film plot twist terbaik, yang bisa menggugah perhatianmu sepanjang jalannya film, dan mengejutkanmu di akhir.

Film Dengan Plot Twist terbaik

1. Citizen Kane

Citizen Kane

Citizen Kane adalah film klasik yang masih diajarkan di sekolah film. Film ini menceritakan tentang seorang pengusaha kaya bernama Charles Foster Kane, yang memulai rentetan misteri heboh karena kata-katanya sebelum meninggal: “Rosebud”.

Semua wartawan di seluruh negeri keheranan dengan arti kata-kata tersebut, dan mencoba mencari artinya. Film ini merupakan debut bagi aktor Orson Welles, menceritakan tentang kisah naik dan turunnya seorang pria penting, yang beberapa orang bilang terinspirasi dari William Randolph Hearst.

Pada akhir film, audiens mengetahui arti kata-kata Kane, dan malah menambah keheranan penonton. Menunjukkan kalau hal yang paling berharga dan diingat seseorang terkadang tidak datang dari kekayaan dan kuasa.

BACA JUGA  6 Film Komedi Indonesia Garapan Stand Up Komedian. Udah Nonton?
JudulCitizen Kane
Tahun Rilis1941
SutradaraOrson Welles
CastOrson Welles, Joseph Cotten, Dorothy Comingore
GenreDrama, Mystery
IMDB Rating8.3

2. Gone Girl

Gone Girl

Gone Girl bukanlah film dengan plot twist seperti kebanyakan. Sutradara David Fincher yang terkenal dengan suspense-nya kembali membawakan ciri khasnya di film ini.

Menceritakan tentang Nick Dunne (Ben Affleck) yang harus mati-matian mencari istrinya. Amy (Rosamund Pike), istrinya, menghilang dan sebagai akibatnya Nick dituduh media membunuhnya.

Bagaimana film ini memperlihatkan berbagai susunan peristiwa membuat audiens bertanya-tanya seiring berbagai perspektif karakter yang berganti. Tentunya, hal ini membuat penonton tak tahu siapa yang harus dipercaya, Nick atau Amy.

JudulGone Girl
Tahun Rilis2014
SutradaraDavid Fincher
PemeranBen Affleck, Rosamund Pike, Neil Patrick Harris
GenreDrama, Mystery, Thriller
IMDB Rating8.1

3. Parasite

Parasite

Film peraih Oscar sekaligus salah satu film terbaik Korea ini bisa dikatakan unik dan pantas berada di daftar film Korea Terbaik yang pernah ada. Memadukan social commentary dengan komedi, thriller, dan drama.

Mengibarkan tentang konsep kuno yang sudah dikenal: Segmentasi sosial, ketidaksetaraan pendapatan dan status sosial, perilaku untuk melindungi apa yang kita miliki- dan juga merebut apa yang kita percaya milik kita.

Cerita Parasite berpusat pada sebuah keluarga yang tinggal di semi bawah tanah, yang mencoba merangkak naik meninggalkan status sosial mereka dengan berbagai cara.

Film ini akan diadaptasi menjadi serial TV di Amerika Serikat.

JudulParasite, Gisaengchung
Tahun Rilis2019
GenreDrama, Thriller
SutradaraBong Joon Ho
CastSong Kang Ho, Lee Sun Kyun, Cho Yeo Jeong
IMDB Score8.5

4. Old Boy

Oldboy

Masih dari dunia perfilman negeri ginseng Korea, kali ini adalah masterpiece karya sutradara Park Chan Wook yang kemudian juga di-remake oleh Hollywood.

Oldboy yang diadaptasi dari manga Jepang karya Garon Tsuchiya ini menceritakan seorang pria bernama Oh Dae Su yang disekap selama lima belas tahun.

Tanpa mengetahui apa-apa, kehidupan Dae Su direnggut begitu saja dan kehilangan kontak dengan keluarganya. Setelah lima belas tahun, Dae Su yang dibebaskan bertekad untuk mencari orang yang menyekapnya untuk membalas dendam.

BACA JUGA  Film 'Buddy Cop' (Pasangan Polisi) Terbaik Yang Bisa Kamu Tonton

Tanpa mengetahui kalau dia sudah terjebak dalam sebuah konspirasi gelap.

JudulOldboy
Tahun Rilis2003
GenreAction, Drama, Mystery
SutradaraPark Chan Wook
CastChoi Min Sik, Yoo Ji Tae, Kang Hye Jeong
IMDB Score8.4

5. Fight Club

Fight Club

Diadaptasi dari novel karya Chuck Palahniuk, Fight Club adalah film dengan plot twist yang masih dikenang dan diapresiasi sampai sekarang. Menceritakan tentang sekelompok orang buangan yang membentuk “Grup Tarung” yang berkembang ke plot teror untuk menghancurkan korporasi di Amerika Serikat.

Ketua dari grup ini adalah tokoh utama yang tak diberi nama, Narator (Edward Norton) dan partnernya yang sadis dan manipulatif Tyler Durden (Brad Pitt). Setelah berbagai peristiwa, audiens dihadapkan pada sebuah kenyataan yang mengejutkan.

Film ini sarat dengan twist ala sutradara David Fincher, dan masih menjadi favorit fans sampai sekarang.

JudulFight Club
Tahun Rilis1999
GenreDrama
SutradaraDavid Fincher
CastEdward Norton, Brad Pitt, Meat Loaf
IMDB Score8.8

6. Arrival

Arrival

Film yang dibuat dengan budget yang bisa dibilang tak besar. Sutradara Denis Villeneuve menggunakan gaya intelektual ala Kubrick dan cerita dari hati ke hati ala Steven Spielberg untuk menghasilkan film yang tak banyak menyajikan aksi ini.

Menceritakan tentang dunia yang kedatangan sekelompok makhluk terestrial. Seorang ahli bahasa harus mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan alien tersebut dan mengetahui apa tujuan mereka datang ke Bumi.

Meski tidak bertabur aksi, Arrival menonjolkan beberapa subtlety seperti emosi dan ekspresi wajah karakternya. Film ini menekankan tema pentingnya komunikasi, dan pentingnya menerima apa yang sudah terjadi di dunia ini. Karena itu Villeneuve begitu menekankan akting para aktornya untuk menunjukkan tema ini.

Karena pada akhirnya, seabsurd apapun kejadian yang terjadi di dunia, pada akhirnya kita harus menerimanya dan mencoba melanjutkan hidup.

JudulArrival
Tahun Rilis2016
SutradaraDenis Villeneuve
Bintang FilmAmy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker
GenreDrama, Mystery, Science Fiction
Rating IMDB7.9/10

7. Se7en

Se7en

Tak lengkap rasanya membuat list rekomendasi film plot twist terbaik sekaligus film detektif terbaik tanpa menyertakan masterpiece karya sutradara David Fincher, Se7en.

Se7en menceritakan detektif Mills (Brad Pitt) dan Somerset (Morgan Freeman) dalam memburu seorang pembunuh berantai yang menggunakan tujuh dosa besar sebagai tema kejahatannya.

BACA JUGA  5 Film Guy Ritchie Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

Memunculkan kesan kelam sekaligus berani, David Fincher menyajikan cerita thriller detektif yang tidak menahan diri dalam kebrutalannya dan terus menaikkan tensi.

Siapa yang tidak tergetar melihat adegan klimaks di akhir film, yang juga menunjukkan si pembunuh John Doe (Kevin Spacey memerankannya tanpa ditulis di credit title).

JudulSe7en
Tahun Rilis1995
SutradaraDavid Fincher
PemeranBrad Pitt, Morgan Freeman, Kevin Spacey
GenreCrime, Drama, Mystery
IMDB Rating8.6

8. Planet of The Apes

Planet of The Apes

Planet of The Apes adalah cerita epik yang tak terkikis waktu, melahirkan berbagai sekuel dan remake. Karya sutradara Franklin J. Schaffner yang diadaptasi dari novel karya Pierre Boulle dan dibintangi aktor Charlton Heston.

Film ini bisa dikatakan sebagai salah satu film plot twist terbaik. Menceritakan tentang seorang astronot bernama George Taylor (Heston) yang mendapati dirinya mendarat di planet yang diisi oleh ras kera yang memperbudak manusia. Ending film ini membuat banyak audiens speechless.

JudulPlanet Of The Apes
Tahun Rilis1968
SutradaraFranklin J. Schaffner
PemeranCharlton Heston, Kim Hunter, Roddy McDowall
GenreAdventure, Sci-Fi
IMDB Rating8.0

9. Star Wars Episode V : Empire Strikes Back

Star Wars Episode V : Empire Strikes Back

Pengaruh Akira Kurosawa sudah disebutkan sebelumnya pada berbagai sutradara film Hollwood legendaris. George Lucas, yang namanya melambung berkat Star Wars, juga mendapat inspirasi dari salah satu film samurai Akira Kurosawa, Hidden Fortress.

Inspirasi Kurosawa terlihat dari nama Jedi yang berasal dari bahasa Jepang Jidaigeki yang berarti film sejarah, sampai armor karakter Darth Vader yang bagaikan armor samurai.

Bahkan, Star Wars Episode IV yang mengikuti petualangan Luke Skywalker memulai pemberontakannya pada kekaisaran galaksi juga merupakan film Hollywood hasil adaptasi dari outline cerita Hidden Fortress.

Mulai dari jenderal samurai Rokurota yang menginspirasi Obi-Wan Kenobi, Putri Yuki menginspirasi Putri Leia, sampai duo samurai kocak yang menginspirasi R2D2 dan C3PO.

Tetapi, tak bisa dipungkiri kalau Star Wars, terlebih sekuelnya Episode V yang penuh dengan plot twist tak terduga sepanjang sejarah, adalah salah satu film paling berpengaruh dalam sejarah film Hollywood, menelurkan berbagai sekuel, prekuel, bahkan serial spin-off sampai sekarang.

JudulStar Wars Episode V: Empire Strikes Back (1980)
Tahun Rilis1980
SutradaraGeorge Lucas
PemeranMark Hamill, Carrie Fisher, Harrison Ford
GenreAction, Adventure, Fantasy
IMDB Rating8.7

10. The Sixth Sense

The Sixth Sense

M Night Shyamalan akan selamanya dikenang sebagai raja sutradara film dengan plot twist terbaik. Masterpiece miliknya tahun 1999 ini menceritakan seorang anak bernama Cole (Haley Joel Osment) yang memiliki kemampuan melihat orang mati dan meminta bantuan pada seorang psikolog bernama Malcolm Crowe (Bruce Willis).

Melalui berbagai peristiwa mengerikan, audiens akan diberikan kenyataan mengejutkan di akhir film. Ending twist yang tak diduga ini sangat mengejutkan audiens di seluruh dunia dan menahbiskan posisi Shyamalan sebagai sutradara papan atas.

The Sixth Sense dinominasikan pada Oscar untuk enam kategori, termasuk Best Picture, Best Director, dan Best Writing.

Judul The Sixth Sense
Tahun Rilis1999
SutradaraM Night Shyamalan
PemeranHaley Joel Osment, Bruce Willis, Toni Collette
GenreDrama, Mystery, Thriller
IMDB Rating8.2

Mana Film Favoritmu?

Demikian daftar film plot twist terbaik dari kami. Mana kira-kira film favoritmu? Apa menurutmu ada film yang seharusnya masuk ke daftar ini? Kalau ada, tuliskan di bawah ya!

%d blogger menyukai ini: