10 Film Hollywood Adaptasi Dari Film Asing, Ada Yang Berhasil Ada Yang Tidak

Keberadaan film Hollywood yang berasal dari remake tak pernah sedominan sekarang. Memang masih ada porsi kemunculan film Hollywood hasil ide orisinal, tetapi studio dan pembuat film sudah terlanjur tertarik dengan film-film dan franchise yang sudah ada.

Para pembuat film tinggal mengambil film yang sudah dibuat, kemudian mengubah sedikit menyesuaikan dengan audiens dan perkembangan zaman. Hasilnya fifty-fifty, terkadang bisa sama bagusnya atau lebih baik dari originalnya, akan tetapi tak sedikit yang malah terpuruk.

Film-film yang gagal biasanya tak menawarkan pengalaman baru dibandingkan film originalnya, hanya menjadi kopian dari film sebelumnya.

Salah satu tren yang terus menjadi populer secara progresif adalah film Hollywood adaptasi dari film asing (film non bahasa Inggris). Biasanya film remake ini diperuntukkan untuk audiens yang menggunakan bahasa Inggris yang belum familiar dengan film orisinalnya.

Pada artikel ini, kami akan mencoba merangkum beberapa film Hollywood hasil adaptasi dari film asing. Beberapa bahkan ada yang lebih terkenal dibandingkan film orisinalnya.

Film Hollywood Adaptasi Yang Menarik

1. The Departed

gambar the departed, film hollywood adaptas infernal affairs asal hong kong
adegan The Departed

Sutradara Martin Scorsese menunjukkan contoh bagaimana remake yang bagus dibuat. The Departed adalah film karya Scorsese hasil remake film gangster Hong Kong tahun 2002 berjudul Internal Affairs.

Malahan, kesuksesan The Departed membuat film ini lebih dikenal dibandingkan Internal Affairs. The Departed meraih Oscar untuk kategori sutradara terbaik dan Best Picture.

Ceritanya kurang lebih sama. Keduanya menceritakan seorang anggota kepolisian yang ditugaskan menyusup ke dalam sebuah gang kriminal, dan anggota gang kriminal yang ditugaskan menyusup ke barisan kepolisian.

Kalau dibilang perbedaan yang mencolok, mungkin Internal Affairs lebih fokus ke action sedangkan The Departed lebih menekankan ke perkembangan karakternya.

JudulThe Departed (2006)
Original FilmInternal Affairs (Hong Kong)
SutradaraMartin Scorsese
PemeranMatt Damon, Leonardo DiCaprio, Jack Nicholson
GenreCrime, Drama, Thriller
IMDB Rating8.5

2. Ambulance

adegan Ambulance

Sutradara Transformers, Michael Bay selalu terkenal dengan sequence action-nya yang “wah”. Di filmnya ini, gayanya masih begitu terlihat kental.

BACA JUGA  Rekomendasi 5 Film Indonesia Yang Cocok Saat Ramadan

Film Ambulance menceritakan seorang mantan tentara yang membutuhkan uang, terbujuk rencana temannya untuk melakukan perampokan bank. Masalah muncul ketika seorang petugas kesehatan serta seorang polisi yang terluka parah menjadi sandera di mobil ambulans tempat mereka melarikan diri.

Film yang masuk rekomendasi film action terbaik 2022 dari kami ini diadaptasi dari film Denmark berjudul sama yang rilis tahun 2005

JudulAmbulance (2022)
Original FilmAmbulance (Denmark)
SutradaraMichael Bay
PemeranJake Gyllenhaal, Yahya Abdul-Mateen II, Eiza González
GenreCrime, Drama, Action
IMDB Rating6.1

3. The Guilty

adegan The Guilty

Pelanggan Netflix mungkin sudah akrab dengan film yang dibintangi Jake Gyllenhaal tahun 2021, The Guilty. Hanya berselang tiga tahun setelah film orisinalnya dengan judul yang sama rilis di Denmark.

The Guilty menceritakan seorang petugas kepolisian yang sedang off-duty menerima panggilan darurat dari seorang wanita yang sedang diculik.

Kedua film baik versi Denmark maupun versi film Hollywood sama-sama memiliki struktur naratif identik, dan sama-sama memakan waktu 90 menit.

JudulThe Guilty (2021)
Original FilmThe Guilty (Denmark)
SutradaraAntoine Fuqua
PemeranJake Gyllenhaal, Riley Keough, Peter Sarsgaard
GenreCrime, Drama, Thriller
IMDB Rating6.3

4. Wrath of Man

adegan Wrath of Man

Dalam salah satu dari serentetan daftar kolaborasinya dengan sutradara Guy Ritchie, aktor Jason Statham membintangi film actionthriller tahun 2021, Wrath of Man. Film hollywood ini merupakan remake dari film Perancis tahun 2004 berjudul Cash Truck.

Wrath Of Man meminjam outline cerita dari film original, dipadukan dengan sentuhan khas sutradara Guy Ritchie.

Kedua film menceritakan seorang pria yang bekerja pada sebuah perusahaan truk perpindahan barang. Namun, pria ini menyimpan dendam yang tak diketahui semua orang. Perlahan, tujuan dan masa lalu pria itu makin terungkap.

JudulWrath of Man (2021)
Original FilmCash Truck (Prancis)
SutradaraGuy Ritchie
PemeranJason Statham, Holt McCallany, Josh Hartnett
GenreCrime, Drama, Thriller
IMDB Rating7.1

5. 12 Monkeys

adegan 12 Monkeys

Aktor Bruce Willis membintangi film Hollywood 12 Monkeys yang merupakan remake dari film sci-fi Prancis berjudul La Jetee tahun 1962.

BACA JUGA  8 Film Tentang Dunia Motor Terbaik yang Harus Kamu Tonton. Simak~

Menceritakan tentang dunia distopia masa depan, ketika virus mematikan memaksa manusia tinggal di bawah tanah. Seorang penjahat dikirim dari masa depan ke masa lalu untuk mencari tahu tentang berbagai informasi soal virus buatan misterius yang sudah hampir memusnahkan seluruh manusia tersebut.

Tanpa dia ketahui, organisasi misterius sudah merencanakan tersebarnya virus tersebut untuk tujuan akhir mereka. Sebuah dunia tanpa perbedaan, peperangan, dan rasa sakit.

Judul12 Monkeys (2005)
Original FilmLa Jetee (Perancis)
SutradaraTerry Gilliam
PemeranBruce Willis, Brad Pitt, Madeleine Stowe
GenreMystery, Sci-Fi, Thriller
IMDB Rating8

6. A Fistful of Dollars

adegan A Fistful of Dollars

Tak ada yang membantah pengaruh sutradara legendaris Jepang Akira Kurosawa pada dunia film Hollywood. George Lucas, Martin Scorsese, Steven Spielberg, adalah sederet nama sutradara yang menyatakan kalau Kurosawa adalah inspirasi mereka.

Salah satu bukti nyata adalah salah satu remake film samurai Kurosawa, Yojimbo, berjudul A Fistful of Dollars. Menceritakan seorang penembak jitu tanpa nama yang memasuki kota kemudian memicu konflik antara dua kelompok yang berseteru di kota tersebut.

A Fistful of Dollars yang dibintangi Clint Eastwood mengambil setting sekitar tahun 1870, kurang lebih di era yang sama dengan era samurai yang diangkat oleh Akira Kurosawa.

Film Last Man Standing tahun 1996 yang dibintangi oleh Bruce Willis juga merupakan film Hollywood remake dari Yojimbo. Sayang, setting modern Last Man Standing tidak mendapatkan resepsi baik dibandingkan A Fistful of Dollars.

Versi Akira Kurosawa, Yojimbo, memiliki sekuel berjudul Sanjuro. Sedangkan versi Sergio Leone, berkembang menjadi “trilogi Dollar”, dengan sekuel For a Few Dollars More dan The Good, the Bad and the Ugly.

JudulA Fistful of Dollars (1964)
Original FilmYojimbo (Jepang)
SutradaraSergio Leone
PemeranClint Eastwood, Gian Maria Volonte, Marianne Koch
GenreAction, Drama, Western
IMDB Rating8

7. Star Wars Episode IV: A New Hope

adegan Star Wars IV: A New Hope

Pengaruh Akira Kurosawa sudah disebutkan sebelumnya pada berbagai sutradara film Hollwood legendaris. George Lucas, yang namanya melambung berkat Star Wars, juga mendapat inspirasi dari salah satu film samurai Akira Kurosawa, Hidden Fortress.

Inspirasi Kurosawa terlihat dari nama Jedi yang berasal dari bahasa Jepang Jidaigeki yang berarti film sejarah, sampai armor karakter Darth Vader yang bagaikan armor samurai.

BACA JUGA  Rekomendasi 8 Film Balapan Terbaik Yang Memacu Adrenalin

Bahkan, jalan cerita Star Wars Episode IV yang mengikuti petualangan Luke Skywalker memulai pemberontakannya pada kekaisaran galaksi juga mendapat inspirasi dari outline cerita Hidden Fortress.

Mulai dari jenderal samurai Rokurota yang menginspirasi Obi-Wan Kenobi, Putri Yuki menginspirasi Putri Leia, sampai duo samurai kocak yang menginspirasi R2D2 dan C3PO.

Tetapi, tak bisa dipungkiri kalau Star Wars adalah salah satu film paling berpengaruh dalam sejarah film Hollywood, menelurkan berbagai sekuel, prekuel, bahkan serial spin-off sampai sekarang.

JudulStar Wars Episode IV: A New Hope (1977)
Original FilmHidden Fortress (Jepang)
SutradaraGeorge Lucas
PemeranMark Hamill, Carrie Fisher, Harrison Ford
GenreAction, Adventure, Fantasy
IMDB Rating8.6

8. The Magnificent Seven

adegan The Magnificent Seven

Masih dalam kategori film Hollywood yang merupakan adaptasi remake dari film samurai karya Akira Kurosawa. Film The Seven Samurai atau Shichinin No Samurai karya Kurosawa memang masih dipuja hingga saat ini.

Mulai dari akting Toshiro Mifune sebagai pimpinan tujuh samurai, sampai sinematografi tingkat tinggi yang masih dipakai dalam film ensemble dan action modern.

Apabila pada Seven Samurai para penduduk desa meminta bantuan pada tujuh samurai untuk mengusir bandit yang menyengsarakan mereka, pada The Magnificent Seven para penduduk desa kini dibantu oleh tujuh penembak jitu atau gunslinger yang menunggang kuda ketimbang membawa pedang.

JudulThe Magnificent Seven
Original FilmThe Seven Samurai (Jepang)
SutradaraJohn Sturges
PemeranYul Brynner, Eli Wallach, Steve McQueen
GenreAction, Adventure, Western
IMDB Rating7.7

9. CODA

adegan CODA

CODA menjadi salah satu film yang mengejutkan di tahun 2021. Film ini mampu disukai banyak audiens, menyentuh hati mereka. Sebagai bukti kesuksesannya, CODA mampu meraih Academy Award untuk kategori Best Picture.

CODA merupakan singkatan dari Child of Deaf Adults (Anak dari orang tua yang tunarungu). Film ini merupakan remake dari film Perancis tahun 2014, The Belier Family atau Le Famille Belier.

Film ini menceritakan tentang seorang anak normal yang terlahir di antara kedua orang tua yang tuli. Anak yang ingin mengejar impiannya di dunia musik ini harus menghadapi konflik kalau dia bisa jadi harus meninggalkan keluarganya apabila ingin mengejar impiannya.

Berbeda dengan Belier, CODA menggunakan aktor tunarungu, menambah otentitas dan realisme.

JudulCODA
Original FilmLe Famille Belier (Prancis)
SutradaraSian Heder
PemeranEmilia Jones, Marlee Martin, Troy Kotsur
GenreComedy, Drama, Music
IMDB Rating8

10. The Girl with Dragon Tattoo

adegan The Girl with Dragon Tattoo

Entri terakhir dari film Hollywood hasil remake film asing ini adalah The Girl with Dragon Tattoo.

Ketika menjelajah untuk mencari film detektif, mungkin akan merasa bosan melihat nama satu sutradara yang terus muncul. Tetapi, sudah terbukti kalau David Fincher adalah sutradara top yang menguasai genre ini.

The Girl with The Dragon Tattoo menceritakan kisah misteri detektif yang terasa gelap, brilian, sadis, sekaligus disturbing. Mengisahkan jurnalis bernama Mikael Blomkvist (Daniel Craig) yang disewa oleh untuk pengusaha kaya untuk mencari pembunuh keponakannya 40 tahun yang lalu.

Menyadari kalau kemampuannya tidak cukup untuk menangani kasus ini, Blomkvist mendapat bantuan dari hacker anti-sosial bernama Lisbeth Salander (Rooney Mara).

Film ini merupakan remake dari film Swedia berjudul Man Som Hatar Kvinnor tahun 2009. Tema yang diangkat menjadikan film ini bisa dikategorikan sebagai salah satu film detektif terbaik.

JudulThe Girl with Dragon Tattoo (2011)
Original FilmMan Som Hatar Kvinnor (Swedia)
GenreCrime, Drama, Mystery
SutradaraDavid Fincher
PemeranDaniel Craig, Rooney Mara, Christopher Plummer
IMDB Rating7.8

Mana Film Favoritmu?

Demikian daftar film Hollywood hasil adaptasi dari film asing. Tentu, sebenarnya masih banyak film adaptasi lain yang populer. Sebut saja The Ring yang diangkat dari film horor Jepang Ring atau The Lake House yang merupakan remake film Korea Il Mare.

Nah, mana yang jadi favoritmu? Jangan lupa tuliskan di bawah ya.

%d blogger menyukai ini: