Makima Chainsaw Man, Sosok Wanita Misterius Penyimpan Agenda

Fakta Makima Chainsaw Man

Bisa dibilang salah satu daya tarik utama anime baru yang tayang musim ini, Chainsaw Man, karakter Makima dengan kepribadiannya yang unik terus menjadi bahan perbincangan para fans.

Apa Yang Kita Ketahui Soal Makima Chainsaw Man?

Pada kesempatan ini, kita coba lihat beberapa hal tentang Makima, agar kita bisa tahu betapa dalamnya kemisteriusan karakter tersebut.

1. Karakter pertama yang dibuat oleh Tatsuki Fujimoto


Makima, Karakter Pertama Buatan Fujimoto

Ketika aku duduk di bangku SMP, aku mulai membuat beberapa cerita fantasi di kepalaku. Ada beberapa yang diserialisasikan, tapi ada satu yang istimewa. Chainsaw Man. Di cerita itu, Makima adalah karakter yang menyimbolkan “dominasi”. Karena itu Makima adalah karakter pertama di Chainsaw Man yang aku punya bayangan jelas penggambarannya baik di dalam(kepribadian) dan luarnya(penampilannya)

Tatsuki fUjimoto- pengarang chainsaw man

Sebelum mengarang Chainsaw Man, Fujimoto sudah mengarang beberapa manga terkenal seperti Fire Punch. Tetapi, karakter yang paling membekas sejak kecil di kepalanya adalah Makima, dan akhirnya dia memutuskan untuk membuat Chainsaw Man.

Chainsaw Man sendiri menceritakan tentang kehidupan tokoh utamanya, Denji, yang harus menjadi pemburu devil untuk bisa bertahan hidup. Tokoh yang memberi pilihan bagi Denji untuk hidup sebagai pemburu devil atau mati diburu sebagai devil, adalah Makima.

Ternyata, bukan Denji yang menjadi pusat dibuatnya cerita Chainsaw Man, melainkan Makima.

Apakah Chainsaw Man adalah manga yang diciptakan untuk mengakomodasi Makima, atau sebaliknya? Hanya Fujimoto yang tahu.

2. Inspirasi Di Balik Karakter Makima

Benten dari Uchouten Kazoku

Aku suka karakter Benten dari Uchouten Kazoku (Eccentric Family) karena dia adalah makhluk yang tak bisa dimengerti, dan punya derajat lebih tinggi ketimbang mausia. Dia punya kesedihannya sendiri. Tetapi sebagai manusia, kita tak bisa ikut bersedih dengannya. Aku suka hal seperti itu. Senang rasanya kalau aku bisa menunjukkan hal yang sama pada Makima.

Tatsuki fujimoto- pengarang chainsaw man

Bagi yang tidak mengetahui, Uchouten Kazoku (The Eccentric Family) adalah novel karya Tomihiko Morimi dan diadaptasi menjadi serial anime oleh studio J.C. Staff pada tahun 2013 lalu.

BACA JUGA  Rekomendasi 5 Anime Mecha 90an, Anime Lama yang Masih Berjaya

Menceritakan tentang keluarga siluman tanuki di Kyoto, dan berbagai cara yang mereka gunakan untuk bisa berbaur dan bertahan hidup di dunia yang didominasi manusia. Benten adalah salah satu karakter manusia di Uchouten Kazoku, dan memiliki berbagai kekuatan istimewa.

Seperti Makima, Benten merasa tertarik dengan tokoh utama Uchouten Kazoku, Yasaburo, yang menganggapnya seperti wanita biasa dan ingin membentuk hubungan personal yang khusus meski status mereka berbeda.

Sama seperti Makima dan Denji bukan?

Selain sisi “monster” yang Makima warisi dari karakter Benten, Makima juga mewarisi sisi “manipulatif” dari karakter lainnya. Karakter itu adalah Haruko dari FLCL (Fooly Cooly). Penampilan keduanya agak mirip, dan keduanya tak ragu untuk berlaku seegois mungkin agar mencapai tujuannya di akhir.

Haruko Haruhara dari FLCL

3. Salah Satu Dari Four Horsemen Yang Pertama Muncul Di Cerita

Four Horsemen adalah empat devil yang masih mengingat nama-nama devil yang dimakan oleh Pochita (Chainsaw Devil). Beberapa dari devil-devil tersebut termasuk Devil senjata nuklir, Nazi Devil, AIDS Devil, dan lain-lain. Makima sendiri adalah salah satu dari Four Horsemen.

Makima Menyebutkan Four Horsemen

Patut diingat kalau Devil adalah perwujudan dari ketakutan seluruh manusia di dunia Chainsaw Man. Semakin besar ketakutan manusia terhadap objek/konsep tersebut, semakin kuat devil yang terwujud.

Karena itu, bisa dibayangkan betapa kuatnya Pochita yang mampu mengalahkan berbagai simbol ketakutan tersebut.

Dulunya, Four Horsemen bekerja sama untuk mengalahkan Pochita di neraka. Tapi, Makima memiliki rencana berbeda setelah berada di dunia manusia.

Sebagai Four Horsemen, tentunya Makima sangatlah kuat. Saking kuatnya, banyak fans yang membandingkan kekuatan asli Makima dengan Satoru Gojo (Jujutsu Kaisen).

4. Memiliki Lukisan Paradise Lost

Lukisan Paradise Lost

Fujimoto terlihat sebagai orang senang memberikan berbagai arti tersembunyi di Chainsaw Man. Salah satunya adalah memperlihatkan lukisan Paradise Lost yang dibuat oleh pelukis Prancis Gustave Dore.

Ilustrasi ini muncul di chapter 81 manga-nya di lorong apartemen Makima, saat dia sedang berjalan bersama Denji.

Lukisan itu menarasikan kejatuhan Lucifer, yang awalnya merupakan malaikat di surga. Lucifer dikirim ke bumi dan dijadikan iblis. Para penggemar bisa mengaitkan kisah lucifer dengan Makima, yang merupakan salah satu devil terkuat.

BACA JUGA  Mendebarkan! Trailer Terbaru BATMAN NINJA Lebih Seru

Tetapi, nafsunya untuk meraih kekuatan tak pernah berakhir, sampai berani memanfaatkan kekuatan Chainsaw Devil.

5. Matanya Merupakan Petunjuk

Mata Makima

Banyak fans yang langsung tertarik dengan Makima sejak kemunculan pertamanya (Tak hanya tokoh utama Denji). Banyak fans yang tertarik, meski Makima sejak awal terlihat begitu misterius, tidak dipercaya, dan mencurigakan.

Ada satu bagian dari desain Makima yang membuatnya begitu menarik pandangan: matanya.

Makima memiliki mata lebar berwarna kuning dengan beberapa cincin merah yang berputar mengiringinya. Pola pusaran ini sering diasosiasikan sebagai pola hipnotis.

Apakah ada hubungannya dengan kekuatan asli Makima?

6. Makima Menonton Film Emosional Dan Menangis

Makima Menangis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tak mengherankan kalau banyak yang beranggapan kalau Makima adalah tipe karakter yang tak akan terlihat emosional, terkesan dingin setiap saat.

Melihat Makima menangis seperti melihat Frieza (Dragon Ball) atau Madara (Naruto) menangis. Tetapi, ada suatu momen di manganya, yang mana kita bisa melihat Makima merasa emosional dan menangis.

Peristiwa ini terjadi di chapter 39, ketika dia menonton film bersama Denji.

Makima merasa emosional setelah melihat scene dua orang yang berpelukan, menandakan kalau dia selalu ingin memiliki hubungan personal dengan seseorang. Dia tak pernah memiliki orang yang dianggap keluarga sebelumnya.

Sudah disebutkan sebelumnya kalau inspirasi dari karakter Makima adalah Benten dari Uchouten Kazoku. Benten, yang terkesan selalu mempermainkan manusia terlebih Yozaburo, mendambakan momen di mana seseorang benar-benar menganggapnya setara.

Bukan sekedar mematuhinya, atau memujinya.

7. Berada di Posisi Kedua Dalam Polling Popularitas

Character Poll Chainsaw Man

Majalah penerbitan manga suka membuat polling popularitas untuk para karakter mereka. Tak terkecuali Shuueisha tempat Chainsaw Man diterbitkan. Karena demand dari para fans juga banyak, dalam beberapa tahun sekali diadakan polling popularitas karakter kepada para pembaca.

Para fans bisa mengetahui karakter mana yang favorit dan perlu diketahui. Meski selalu terlihat misterius dan mencurigakan, termasuk terungkapnya motif dan identitas aslinya, Makima Chainsaw Man masih berada di posisi kedua dalam polling popularitas.

BACA JUGA  Teori One Piece Chapter 1067 Terbaru: Negara Para Dewa

Berada di bawah Power, tetapi masih berada di posisi tiga besar. Para fans di Jepang tidak terlalu kesal dan marah akan maksud jahat Makima, atau mungkin mereka malah bersimpati dengan Makima yang tak bisa membuat koneksi personal dengan orang lain.

Atau mungkin para fans hanya menyukai wajahnya, tak ada yang tahu pastinya.

Still Like Her? Congratulation!

Demikian beberapa hal soal Makima Chainsaw Man yang perlu kamu tahu, mulai dari karakterisasinya sampai sifatnya yang misterius. Bagaimana pendapat kalian? Apa kalian masih suka dengan Makima yang memiliki berbagai elemen mencurigakan ini?

%d blogger menyukai ini: