Rekomendasi 10 Anime Romance terbaik, Siap Menyentuh Hatimu

Anime Romance Terbaik

Banyak alasan untuk menyukai anime. Ada yang menyukai action dan petualangan di dunia yang asing. Ada juga yang menyukai gambaran masa depan di science fiction. Tak sedikit juga yang mendambakan hatinya tergerak dengan anime romance terbaik yang ditonton.

Malahan, percintaan terkadang bisa digambarkan lebih baik lewat medium animasi. Ada begitu banyak kisah romantis yang disuguhkan medium anime selama bertahun-tahun sampai sekarang.

Bagi penggemar kisah romantis, berikut kami coba merangkum daftar rekomendasi anime romance terbaik yang bisa kamu pilih untuk menggerakkan hatimu.

Rekomendasi Anime Romance Terbaik

1. Toradora!

Toradora

Toradora! adalah anime slice-of-life sekaligus romance-comedy (rom-com) klasik yang bisa dikategorikan sebagai perkenalan terbaik untuk genre anime romance.

Menceritakan Ryuji Takasu dan Taiga Aisaka, dua murid SMA yang saling bekerjasama untuk mendapatkan orang yang mereka sukai.

Mereka berdua diperlakukan sebagai outlier di sekolah. Ryuji karena penampilan dan wajahnya yang menakutkan dan intimidatif, dan Taiga dengan emosinya yang gampang meledak. Anime ini mengeksplor dinamika antara keduanya dan berbagai peristiwa yang terjadi selama usaha mereka mendukung satu sama lain mengejar cinta mereka.

TitleToradora!
StudioJ.C. Staff
Jumlah Episode25
SutradaraTatsuyuki Nagai
Rating MyAnimelist8.1
Link Streaming Netflix

2. Rascal Does Not Dream Of Bunny Girl Senpai

Rascal Does Not Dream Of Bunny Girl Senpai

Sulit untuk menjelaskan plot cerita Rascal Does Not Dream Of Bunny Girl Senpai. Di satu sisi audiens disambut dengan karakter imut Kaede Azusagawa, kemudian di scene lainnya Rio Futaba muncul dengan penjelasannya soal mekanika quantum.

Kisah cinta di Rascal Does Not Dream Of Bunny Girl Senpai memang tidak sedominan Toradora! Meski demikian, elemen itu tetap menjadi bagian terbaik anime ini. Menceritakan Sakuta Azusagawa, seorang anak SMA yang berkutat dengan berbagai Sindrom Remaja, penyakit yang membuat seseorang memanifestasikan insecurity mereka ke dunia nyata.

BACA JUGA  7 Karakter Anime Fujoshi yang Demen Banget Sama Cerita "BL"

Walau anime ini terbagi menjadi beberapa arc yang mengeksplor gadis berbeda dengan permasalahan mereka, highlight anime ini adalah kisah Mai Sakurajima, aktris muda yang memiliki hubungan dekat dengan Sakuta.

Dinamika hubungan Sakuta dan Mai penuh dengan tensi romance, kehangatan, dan sarkasme. Walau tidak menjadi fokus utama, hubungan mereka berdua dibangun dengan baik sepanjang cerita, berpuncak di film sekuel.

JudulSeishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai
StudioCloverWorks
Jumlah Episodes13 + Movie
SutradaraSouichi Masui
Rating MyAnimelist8.3

3. The Pet Girl Of Sakurasou

The Pet Girl Of Sakurasou

Apabila Shiina dari anime The Angel Next Door yang tayang musim dingin 2023 ini adalah gadis berambut platinum yang serba bisa, mampu memasak dan merawat dirinya sendiri beserta orang lain, maka Shiina di The Pet Girl Of Sakurasou adalah kebalikannya.

The Pet Girl Of Sakurasou mengikuti cerita beberapa karakter eksentrik dan perjalanan mereka untuk berkembang dan menemukan jati diri mereka. Tokoh utama anime ini adalah Sorata Kanda setelah dikeluarkan dari asrama utama sekolahnya, dan dipindahkan ke Sakurasou.

Di sana, Sorata bertemu dengan berbagai murid yang bertalenta namun bermasalah. Ketika seorang siswi sekaligus artis berbakat bernama Shiina Mahiro pindah, Sorata ditugaskan membantunya menyesuaikan diri ke kehidupan barunya.

Anime ini mengeksplor dinamika antara penghuni asrama, impian mereka, dan bagaimana hubungan mereka berkembang.

 TitleSakura-sou no Pet na Kanojo
StudioJ.C. Staff
Jumlah Episodes24
SutradaraAtsuko Ishizuka
Rating MyAnimelist8.1

4. Kimi Ni Todoke: From Me To You

Kimi Ni Todoke: From Me To You

Seseorang tertarik dengan orang lain yang berkebalikan dengan diri mereka adalah gimmick yang sudah menjadi cliche karena sudah terlalu banyak dilihat. Tetapi, ketika dimanfaatkan dengan baik, maka tak ada yang mengelak kalau hasilnya akan bagus.

Kimi Ni Todoke menceritakan hubungan antara Sawako Kuronuma yang pemalu dan Shota Kazehaya yang populer. Sawako sering diejek karena penampilannya yang mirip dengan Sadako dari film The Ring.

Sawako adalah murid yang sering menyendiri di sekolah, tetapi Kazehaya adalah orang yang tepat untuk membawa Sawako keluar dari kerangkengnya.

BACA JUGA  Spoiler Baru di My Hero Academia Season 3

Kimi Ni Todoke adalah kisah yang lucu, menghangatkan, dan dipenuhi dengan berbagai karakter yang berkembang seiring cerita berjalan.

TitleKimi ni Todoke
StudioProduction I.G
Number of Episodes37
SutradaraHiro Kaburagi
Rating MyAnimelist8.0
Link StreamingNetflix

5. My Love Story!!

My Love Story!!

Entri berikutnya dari list rekomendasi anime romance terbaik adalah My Love Story. Anime romance ini begitu menonjol karena karakter utamanya, Takeo Gouda. Anak SMA yang tinggi, besar, dan mengintimidasi ini jatuh hati pada Rinko yang terlihat imut.

Takeo yang awalnya mengira Rinko memiliki perasaan pada sahabatnya, Suna, kemudian mencoba menjadi cupid agar mereka bersama menjadi bukti baiknya hati Takeo.

Semua penonton akan mendukung kisah Takeo dan Rinko mengembangkan hubungan mereka. My Love Story juga tidak membuang waktu dengan pernyataan cinta, karena pada mayoritas cerita dua karakter utama sudah memiliki hubungan.

Japanese TitleOre Monogatari!!
StudioMadhouse
Number of Episodes24
SutradaraMorio Asaka
Rating MyAnimelist7.9

6. Horimiya

Horimiya

Horimiya membuat kejutan di tahun 2021, dengan menjadi anime romantis paling relatable bagi audiens, dan tak mengherankan kalau menjadi perbincangan anime romance di era modern.

Anime ini menceritakan kisah seseorang yang tertarik dengan yang berkebalikannya. Izumi dan Kyoko terlihat sangat bertolak belakang secara sekilas. Tetapi setelah mengetahui rahasia satu sama lain, mereka mulai membuka diri dan merasa sempurna untuk satu sama lain.

Selain menghadirkan pasangan romantis, anime ini juga penuh dengan momen-momen lucu dan menyentuh, membuatnya menjadi tontonan sempurna.

TitleHorimiya
StudioCloverWorks
Number of Episodes13
SutradaraMasashi Ishihama
Rating MyAnimelist8.2

7. Nana

Nana

Salah satu cerita shoujo populer dan berpengaruh sepanjang masa. Nana adalah anime yang siapapun harus menonton, baik penggemar anime romance atau tidak.

Menceritakan dua wanita muda bernama Nana yang memiliki kepribadian dan kehidupan bertolak belakang, tetapi karena situasi yang unik memutuskan tinggal bersama.

Hubungan mereka dengan orang-orang di kehidupan mereka menjadi titik fokal anime ini. Dalam 47 episode, Nana mengeksplor dua protagonis dan kehidupan kerja serta cinta mereka dengan berbagai karakter di berbagai lapisan masyarakat.

BACA JUGA  5 Rekomendasi Drama Korea yang Dibintangi Song Ji Hyo

Anime ini sangat realistis seperti hubungan orang di dunia nyata. Jadi misalnya ketika seorang karakter memutuskan melakukan suatu hal yang ekstrim, penonton bisa memahaminya karena hal tersebut bisa saja terjadi di dunia nyata.

TitleNana
StudioMadhouse
Number of Episodes47
SutradaraMorio Asaka
Rating MyAnimelist8.5

8. Your Lie In April

Your Lie In April

Salah satu anime romance terbaik yang paling terkenal. Your Lie in April menceritakan dua musisi berbakat, Kousei Arima dan Kaori Miyazono.

Menderita depresi sejak kematian ibunya, Kousei kehilangan passion untuk bermain piano. Suatu hari, Kousei mendengar Kaori bermain violin dengan bebasnya, membuat Kousei membakar minatnya pada dunia musik.

Sejak itu pula Kousei tertarik dengan Kaori.

Your Lie in April adalah cerita tentang kehilangan, kesedihan, hidup, cinta , dan musik. Perjalanan Kousei menuju self-healing sangatlah panjang, sulit, dan penuh dengan sakit hati. Tetapi, dia juga melihat keindahan, merasakan kehangatan dan kebahagiaan.

Japanese TitleShigatsu wa Kimi no Uso
StudioA-1 Pictures
Number of Episodes22
SutradaraKyouhei Ishiguro
Rating MyAnimelist8.7
Link StreamingNetflix

9. Kaguya-sama: Love Is War

Kaguya-sama: Love Is War

Semua adil di medan perang dan cinta, dan Kaguya-sama: Love Is War adalah buktinya. Ketimbang menampilkan romansa tipikal anime biasa, Miyuki dan Kaguya menggunakan inteligensi mereka serta berbagai skill dan trik untuk memaksa yang lain menyatakan cintanya lebih dulu.

Mengapa? Karena tak ada dari mereka yang mau mengaku kalah dan dianggap lebih rendah dari yang lain.

Petualangan mereka menjalankan OSIS SMA elit Shuchiin Academy bersama teman-teman mereka yang tak kalah uniknya menghasilkan situasi yang eksplosif dan penuh tawa.

Season ketiga Kaguya-sama: Love Is War tayang april 2022, dan masih tampil dengan pola yang sama. Walau masih dipenuhi komedi, anime ini juga mulai menyentuh kesimpulan pertarungan antara Kaguya dan Miyuki, serta tahap akhir hubungan mereka.

Japanese TitleKaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen
StudioA-1 Pictures
Number of Episodes39
SutradaraShinichi Omata
Rating MyAnimelist9.1

10. Fruits Basket

Fruits Basket

Entri terakhir untuk daftar anime romance terbaik ini adalah template anime romantis yang memenuhi semua kriteria. Fruits Basket adalah mahakarya yang menggabungkan drama dan komedi secara sempurna.

Tooru Honda yang disukai orang lain juga penonton memiliki hidup yang sulit, tetapi ketika suatu peristiwa unik terjadi, Tooru pindah ke rumah milik keluarga Souma.

Keluarga Souma dianggap sebagai idola di sekolah mereka, terlebih Yuki Souma. Tetapi mereka semua menyimpan rahasia yang bakal mengubah perspektif semua orang pad amereka.

Kisah cinta segitiga memang sudah banyak terlihat di cerita romance. Biasanya salah satu karakter lebih diprioritaskan dalam cerita, sehingga akhirnya sudah bisa ditebak. Tetapi, pada Fruits Basket, semua karakter diperlakukan sama.

Mereka memiliki kedalaman karakter dan motivasi yang sama, lengkap dengan trauma psikologis masing-masing. Setelah berbagai peristiwa sepanjang tiga season animenya, para fans tak akan melupakan kesimpulan kisah ini.

Japanese TitleFruits Basket
StudioTMS/8PAN (2019)
Number of Episodes63 (TMS/8PAN)
SutradaraYoshihide Ibata
Rating MyAnimelist9.01

Mana Anime Romance Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi anime romance terbaik dari kami. Bagaimana menurutmu? Apa ada anime yang seharusnya masuk ke daftar ini?

%d blogger menyukai ini: