Rekomendasi 10 Film Kartun Terbaik Yang Bagus Untuk Tontonan Orang Dewasa, Tak Hanya Tontonan Anak-Anak

Film Kartun Terbaik Yang Cocok Ditonton Orang Dewasa

Dalam sejarah panjang serial dan film animasi, terdapat banyak film kartun yang mengeksplorasi berbagai dunia dan cerita. Mulai dari film animasi yang diproduksi Hollywood sampai Anime, semua genre dan cerita yang siap menggugah dunia imajinasi penonton.

Katarsis saat menonton bisa dicapai dengan menonton film yang membuat kita ikut sedih ketika melihat ending yang sedih, dan euforia ketika melihat ending yang bahagia.

Karena itu, kami mencoba merangkum rekomendasi film kartun yang bagus untuk tontonan orang dewasa dan bisa jadi alternatif bagi kalian yang ingin mencoba mendalami dunia ini.

Rekomendasi Film Kartun Yang Cocok Untuk Orang Dewasa

1. Spirited Away

Spirited Away

Salah satu karya termasyhur sutradara legendaris anime, Hayao Miyazaki. Film ini berhasil meraih penghargaan Oscar kategori film animasi terbaik pada tahun 2003.

Film ini menceritakan tentang Chihiro, anak berusia 10 tahun yang tak sengaja masuk ke dunia para dewa, penyihir, dan roh. Pada saat pindahan ke daerah pedalaman bersama keluarganya, kedua orang tua Chihiro diubah menjadi hewan, dan Chihiro harus menjelajahi dunia ini untuk mencari tahu jalan kembali dan cara mengembalikan keluarganya.

Tahun Rilis2001
StudioGhibli
StarringRumi Hiiragi, Miyu Irino
IMDB Rating8.6

2. The Lion King

Disney yang sedang dalam puncak kesuksesannya terus mengeluarkan berbagai film animasi berkualitas. Pada 1994, The Lion King dirilis. Berbeda dengan film-film sebelumnya, tema di The Lion King adalah konsep original dan terhitung menjadi salah satu film tersukses bagi Disney.

Menceritakan tentang perjalanan singa muda, Simba, untuk menjadi raja hutan setelah ayahnya dibunuh oleh pamannya.

Film ini menghasilkan lebih dari 1 miliar dollar, dan membuat efek domino. Menghasilkan Broadway musical, bahkan sekuel. Pada tahun 2019, Disney membuat remake live-action The Lion King, tetapi tidak bisa dibilang sukses.

BACA JUGA  Yuk Rayakan Valentine Dengan 8 Film Anti-Valentine Ini. Berani Beda~
Tahun Rilis1994
StudioDisney
StarringMatthew Broderick, James Earl Jones, Jeremy Irons
IMDB Rating8.5

3. Grave of The Fireflies

Grave of the fireflies

Grave of the Fireflies adalah salah satu anime yang paling memicu depresi, mengejutkan karena dikeluarkan oleh Studio Ghibli. Disebut sebagai karya terbaik sutradara Isao Takahata, film ini menceritakan pengalaman asli anak-anak korban pengeboman Kobe saat perang dunia kedua.

Film ini menceritakan perjuangan Seita, dan adik perempuannya, Setsuko, saat mereka berdua berusaha menyelamatkan diri dan bertahan hidup tanpa kedua orang tua mereka, tanpa rumah, dan barang-barang lainnya

Setsuko, yang masih berusia 4 tahun adalah yang pertama mendapatkan dampak negatif kehidupan mereka yang tidak pasti. Film berdurasi 90 menit ini menyajikan ending yang membuat penonton menyadari betapa kejam dan tak berartinya perang.

Film kartun ini merupakan salah satu anime dengan sad ending paling powerful.

Tahun Rilis1988
StudioGhibli
StarringTsutomu Tatsumi, Ayano Shiraishi, Akemi Yamaguchi, Yoshiko Shinohara
IMDB Rating8.5

4. Your Name

Your Name

Salah satu karya dari sutradara Makoto Shinkai yang terkenal dengan animasi background pemandangan yang indah dan dipadukan cerita drama coming of age yang digemari kaum muda.

Menceritakan dua siswa SMA, Mitsuha, seorang gadis di wilayah pedalaman dan Taki, seorang anak lelaki yang tinggal di kota Tokyo. Suatu hari, mereka mendapati kesadaran mereka muncul di tubuh yang lain.

Ketika dua anak yang tak mengenal satu sama lain tiba-tiba terhubung dengan hubungan yang unik, apakah yang akan menanti mereka nantinya?

Tahun Rilis2016
StudioCoMix Wave Films
StarringKamishiraishi Mone, Kamiki Ryuunosuke
IMDB Rating8.4

5. Spider-Man: Into the Spider-Verse

Kali ini kita menjelajahi genre superhero. Spider-man: Into the Spider-verse produksi Sony pada tahun 2018 ini layak masuk ke list rekomendasi film animasi terbaik dari kami.

Film yang disutradarai oleh Bob Persichetti ini bisa dikatakan sebagai sebuah temuan baru di genre superhero. Memadukan teknik animasi yang mumpuni, membuat gerakan karakternya terlihat smooth layaknya menonton lukisan yang bergerak.

BACA JUGA  Yuk Lihat Trailer ‘Pokemon the Movie: The Power of Us’ !

Tak hanya dari segi animasi, ceritanya juga patut diacungi jempol. Menceritakan coming of age story dan mengambil tanggung jawab serta menentukan jati diri ala cerita Spider-Man pada umumnya.

Film ini memenangi Academy Award pada cabang film animasi. Spider-Verse juga akan melahirkan sekuelnya di waktu dekat.

Tahun Rilis2018
StudioSony Pictures
StarringShameik Moore, Jake Johnson, Hailee Steinfeld, Mahershala Ali
IMDB Rating8.4

6. Coco

Entri selanjutnya dari rekomendasi film kartun yang bagus untuk ditonton oleh orang dewasa adalah Coco.

Menceritakan tentang anak yang ingin menjadi musisi bernama Miguel, yang harus menghadapi larangan dari keluarganya untuk berkecimpung di dunia musik.

Miguel kemudian memasuki dunia orang mati untuk menemui kakek buyutnya, yang tak lain seorang penyanyi legendaris.

Film tentang makna hidup, kematian, dan dunia setelah mati.

Tahun Rilis2017
StudioDisney, Pixar
StarringAnthony Gonzalez, Gael Garcia Bernal, Benjamin Bratt, Alanna Ubach
IMDB Rating8.4

7. Wall-E

Wall-E

Film kartun selanjutnya adalah yang membahas tentang emosi, jiwa, dan kesadaran. Sebuah pertanyaan yang selalu ditanyakan sejak dahulu kala.

Apakah yang membuat seseorang disebut manusia? Apakah rangkaian elektronik yang merasakan emosi dan cinta bisa disebut manusia, atau perasaan itu sendiri hanyalah bagian dari program?

Di masa depan, sebuah robot pembersih sampah rongsokan memulai perjalanan yang akan merubah takdir seluruh umat manusia.

Tahun Rilis2008
StudioDisney, Pixar
StarringBen Burtt, Elissa Knight, Jeff Garlin, Fred Willard
IMDB Rating8.4

8. Princess Mononoke

Princess Mononoke

Salah satu karya termasyhur sutradara legendaris anime, Hayao Miyazaki. Menceritakan tentang seorang pangeran bernama Ashitaka, yang harus memulai perjalanan jauh untuk menghilangkan kutukan Tatarigami padanya.

Ashitaka mendapati dirinya berada di tengah konflik antara dewa hutan dan Tatara, sebuah koloni pertambangan penghasil senjata. Di perjalanan ini, dia juga bertemu dengan San, sang putri mononoke.

Film kartun terbaik yang mengisahkan pentingnya keseimbangan antara alam dan perkembangan umat manusia.

Tahun Rilis1997
StudioGhibli
StarringYoji Matsuda, Yuriko Ishida, Yuko Tanaka
IMDB Rating8.4

9. Up

Up

Film kartun ini membahas masa sulit seseorang. Ketika seseorang sudah kehilangan segalanya yang mengikatnya di dunia ini, ketika sudah tak ada lagi yang tersisa di hidupnya, apa yang akan dilakukan orang tersebut?

BACA JUGA  Anime Web "Black Channel" Bakal Kolaborasi dengan Film "Detective Conan" Ke-24

Seorang kakek berusia 78 tahun bernama Carl Fredericksen baru saja kehilangan istrinya. Carl kemudian berkelana ke Paradise Falls dengan rumahnya yang dipasang banyak balon, tanpa sengaja membawa satu anak sebagai penumpang ilegal.

Tahun Rilis2009
StudioDisney, Pixar
StarringEdward Asner, Jordan Nagai, John Ratzenberger, Christopher Plummer
IMDB Rating8.3

10. Howl’s Moving Castle

Howl’s Moving Castle

Salah satu karya termasyhur sutradara legendaris anime, Hayao Miyazaki. Menceritakan tentang Sophie, seorang wanita muda percaya diri yang dikutuk oleh penyihir jahat untuk menjadi tua.

Meski dikutuk menjadi tua, Sophie tidak jatuh hati dan tetap menghadapi situasinya dengan tenang. Dalam upaya menghilangkan kutukannya, Sophie menemui seorang penyihir muda yang suka berbuat seenaknya bernama Howl.

Film ini mengajarkan pentingnya mensyukuri berbagai keadaan dan situasi yang menimpa kita.

Tahun Rilis2004
StudioGhibli
StarringChieko Baisho, Takuya Kimura, Tatsuya Gashuin, Akihiro Miwa
IMDB Rating8.2

Mana Film Kartun Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi film kartun yang bagus menjadi tontonan orang dewasa dari kami. Film mana yang kira-kira jadi favoritmu?

Jangan lupa tuliskan komentar di bawah ya

%d blogger menyukai ini: