10 Film Barat Terbaik Sepanjang Masa, Khusus Yang Hobi Nonton

gambar adegan film barat terbaik the godfather
Gambar: Paramount Pictures

Ukuran “terbaik” memang sangat subyektif. Apalagi jika bicara soal film. Tiap orang — entah itu kritikus atau penonton biasa — punya tolok ukurnya masing-masing. Di sini, kami berusaha menyusun daftar film barat terbaik yang wajib kamu lihat kalau kamu memang hobi nonton film.

Jika memilih sesuatu yang terbaik sudah sangat subyektif, apalagi jika ditambah dengan konteks “sepanjang masa.” Dalam hal ini, artinya sebuah film memang harus memiliki kualitas tersendiri. Paling tidak dalam kaidah perfilman.

Sekedar menambah perspektif, film paling laris — seperti Avatar: The Way of Water yang sedang mencetak rekor — belum tentu bisa dibilang terbaik. Lalu perubahan tren juga memberi pengaruh tersendiri. Film terbaru bisa saja menjadi yang terbaik, walau harus kita akui, tantangan mencapai hal itu cukup besar.

Jadi, ijinkan kami memilih sesuai subyektivitas kami sendiri.

Film Barat Terbaik Yang Wajib Ditonton

Yah, mungkin ada beberapa di antara pilihan ini sama dengan yang ada di IMDb atau TMDb atau Rotten Tomatoes. Tapi mungkin kamu juga akan menemukan beberapa yang berbeda.

1. The Godfather (1972)

adegan the godfather
Amerigo Bonasera dan Don Vito Corleone (Gambar: Paramount Pictures)

The Godfather menceritakan bagaimana keluarga Corleone menghadapi serangan dari keluarga lain, baik lewat intrik, pengkhianatan dan usaha pembunuhan. Film mafia ini juga menampilkan bagaimana Michael Corleone (Al Pacino), anak yang tidak diharapkan masuk ke dunia gelap itu, menjadi tokoh godfather menggantikan ayahnya, Vito Corleone (Marlon Brando).

The Godfather selalu disebut jika membicarakan film terbaik sepanjang masa. Bahkan hampir selalu disebut dalam 3 besar. Tidak mengherankan, baik cerita, sinematografi, sampai akting para pemerannya memang bagus.

Lalu, film ini juga memiliki banyak adegan memorable, dialog yang menjadi quote, juga musik yang keren. Dengan semua hal itu, kami meletakkannya sebagai film barat terbaik nomor satu.

2. The Shawsank Redemption (1994)

adegan di film the shawsank redemption
Andy Dufresne (Gambar: Castle Rock Entertainment / Columbia Pictures)

Berbeda dengan The Godfather yang menyedot perhatian saat tayang di bioskop, The Shawshank Redemption tidak sukses secara kepopuleran. Walau begitu, film berlatar penjara ini mendapat banyak pujian.

BACA JUGA  5 Film Terbaik Makoto Shinkai Yang Wajib Tonton

The Shawshank Redemption bercerita tentang kisah Andy Dufresne (Tim Robbins), seorang bankir, yang masuk penjara karena membunuh istri dan selingkuhannya. Di penjara ia menemui banyak kejadian, namun akhirnya berhasil kabur secara dramatis.

Kalau kamu suka nonton film drama, film ini wajib kamu tonton. Sama seperti The Godfather, film ini memiliki alur cerita yang bagus, adegan dan dialog yang memorable, juga — walau bukan film misteri “whodunit” — punya pengungkapan (reveal) di akhir yang memuaskan. Tidak hanya menjadi salah satu film barat terbaik, The Shawshank Redemption juga menjadi favorit banyak orang (termasuk saya).

3. The Godfather Part II (1974)

the godfather part II
Don Michael Corleone dan Hyman Roth (Gambar: Paramout Pictures)

Bagaimana bisa membuat sebuah tontonan dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih bagus dari film pertama yang sukses dan banyak dipuji? Yah, Francis Ford Coppola dan Mario Puzo berhasil melakukannya. The Godfather Part II juga sering disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

Sebagai film kedua, film ini menjadi prekuel sekaligus sekuel film pertama. Ya, karena film ini menceritakan bagaimana Vito Corleone (Robert De Niro) tiba di Amerika dan membangun reputasinya. Selain itu, film ini juga mengisahkan kelanjutan kisah Michael Corleone yang kini menjadi Don.

Dua cerita yang berbeda masa itu hadir bergantian. Hebatnya, kedua kisah itu terjalin dengan baik, bagaikan cermin untuk satu dan lainnya. The Godfather Part II pun berhasil memberikan sebuah sensasi drama yang berbeda.

4. 12 Angry Men (1957)

12 angry men
Gambar: Orion-Nova Productions / United Artists)

Hm, apa sih yang menarik dari film jadul ini? Apa yang membuatnya masuk dalam daftar film barat terbaik? Jawabannya sederhana. Hanya dengan satu lokasi, film ini berhasil menggambarkan cerita dan konflik yang ada dengan baik.

12 Angry Men bercerita tentang 12 orang pria yang menjadi juri dalam sebuah persidangan kasus pembunuhan dengan pelaku seorang remaja. Mereka, yang berdiskusi di dalam ruangan juri, berdebat dan mempertanyaan fakta, moral, dan nilai-nilai hidup yang mereka pegang.

Kalau film-film sebelumnya boleh dibilang film drama sejati, 12 Angry Men mungkin boleh dibilang film drama kelas berat. Yah, karena isinya memang penuh dialog. Kalau Before Sunrise sebagai film romantis juga penuh dialog namun masih ada nuansa jalan-jalan, film ini hanya ada di satu ruangan.

BACA JUGA  Rekomendasi Tontonan Netflix Original yang Tayang Bulan Mei 2021

5. Schindler’s List (1993)

schindler's list
Anak perempuan berjaket merah (Gambar: Amblin Entertainment / Universal Pictures)

Schindler’s List bukan saja salah satu film barat terbaik, tapi juga merupakan salah satu film Steven Spielberg terbaik dan film perang terbaik. Film ini memiliki cerita yang bagus, sinematografi jempolan, dan adegan yang memorable. Seperti adegan gadis berbaju merah berjalan di tengah film hitam putih.

Sesuai judulnya, film ini bercerita soal Oskar Schindler, industrialis Jerman, yang menyelamatkan orang Yahudi dengan membuat mereka bekerja di pabriknya. Film ini dibuat berdasar kisah nyata.

6. Pulp Fiction (1994)

pulp fiction
Vincent Vega dan Jules Winnfield (Gambar: Miramax Films)

Film-film Quentin Tarantino memang unik dan khas. Namun Pulp Fiction mungkin merupakan film Tarantino yang paling unik. Film ini memiliki tiga cerita yang saling berhubungan dalam 7 rangkaian narasi, namun hadir secara acak tanpa urutan kronologis.

Pulp Fiction tidak saja seriang dianggap sebagai salah satu masterpiece dari Quentin Tarantino, tapi juga masuk sebagai salah satu film barat terbaik.

7. Forest Gump (1994)

forest gump
Forest Gump (Gambar: Paramount Pictures)

Siapa yang tidak kenal dengan film Forest Gump? Film drama komedi ini — walau bukan komedi yang membuat kita terbahak — berhasil meraih sukses di box office dan di sisi pencapaian dunia perfilman. Baik ceritanya, sinematografi, efek visual, sampai akting para pemerannya mengantar film ini menjadi salah satu film barat terbaik sepanjang masa.

Forest Gump, yang diadaptasi dari novel, mengikuti perjalanan sang tokoh tituler. Memiliki IQ rendah, Forest Gump sering berada dalam kondisi sulit. Di sisi lain, Forest juga memiliki kemampuan yang membawanya meraih prestasi dan kesuksesan, tanpa ia sadari.

8. Fight Club (1999)

fight club
Brad Pitt dan Edward Norton (Gambar: 20th Century Studio)

Membahas film ini di sini sudah melanggar aturan pertama Fight Club: Kamu tidak membicarakan fight club. Tapi yah, begitulah. Di saat tayangnya, Fight Club — sama seperti The Shawshank Redemption — tidak sukses di box office dan termasuk film yang paling kontroversial di masanya. Walau begitu, dengan plot twist yang menggugah, film ini kini diakui sebagai salah satu film barat terbaik.

Fight Club berserita tentang seorang pegawai penderita insomnia (yang jadi narator film), yang bertemu Tyler Durden. Mereka berdua kemudian membentuk fight club. Namun arah perkembangan yang terjadi bukanlah seperti yang diharapkan sang narator.

BACA JUGA  6 Rekomendasi Film Yang Menceritakan Tentang Musik

9. Inception (2010)

inception
Joseph Gordon-Levitt sebagai Arthur (Gambar: Warner Bros Pictures)

Sebagai sutradara, Christopher Nolan mungkin sama uniknya dengan Quentin Tarantino walau dengan cara yang berbeda. Inception mungkin menjadi salah satu film yang membuktikan hal itu.

Inception merupakan film fiksi ilmiah yang bercerita soal pencuri profesional yang mencuri informasi melalui alam bawah sadar targetnya. Film ini memiliki cerita yang kompleks, yang kemudian menghasilkan banyak teori dari fans.

Selain kompleksitas cerita, pencapaian film ini — baik dari sinematografi maupun efek visual — membuatnya diperhitungkan sebagai salah satu film barat terbaik.

10. Se7en (1995)

se7en
David Mills dan William Somerset (Gambar: New Line Cinema)

Se7en (dibaca Seven) adalah film thriller bertema kriminal yang bercerita soal kasus pembunuhan yang dihadapi oleh detektif polisi William Somerset (Morgan Freeman) bersama rekan barunya David Mills (Brad Pitt). Pembunuhan yang ada terjadi berdasarkan 7 dosa mematikan (yang menjadi judul film ini).

Saat tayang, Se7en sukses di box office, namun mendapat cukup banyak kritik, termasuk sinematografi yang gelap, kekerasan di dalamnya, dan akhir cerita yang mengguncang (bukan happy ending). Namun, kini Se7en dianggap sebagai film thriller misteri terbaik.

Sedikit Catatan Tambahan

Itulah beberapa film barat terbaik menurut kami. Yah, seperti kamu lihat, daftar di atas memiliki perbedaan dengan yang ada di beberapa situs web film lain. Misalnya, kami tidak memasukkan The Dark Knight (2008) atau trilogi Lord of The Rings di dalam daftar ini.

Lalu. karena ini film barat terbaik, kami juga tidak memasukkan film dengan bahasa non Inggris di dalamnya. Misalnya seperti film Korea Parasite yang kami nilai bagus.

Sebagain besar film di atas juga sudah bisa kamu saksikan di berbagai situs nonton film online yang ada di Indonesia. Jadi silakan kamu cek dan tonton.

Nah, apa ada film lain yang menurutmu layak masuk di dalam daftar di atas? Kalau iya, silakan sebut di kolom komentar.

%d blogger menyukai ini: