Rekomendasi 10 Film Kungfu Terbaik, Dunia Beladiri Bercampur Supranatural

Film kungfu terbaik

Penggemar film sudah tak asing dengan film bertema bela diri khususnya kung-fu yang sudah mewarnai dunia sinema sejak lama. Film Kungfu terbaik yang sudah banyak diketahui orang contohnya adalah film-film dari aktor Bruce Lee, Jet Li, dan Jackie Chan.

Film-film Kung-fu yang mayoritas dirilis oleh rumah produksi perfilman Hong Kong ini berhasil menarik perhatian dunia lewat penggambaran action yang unik, lengkap dengan unsur spiritual, supranatural, dan teknik yang berbeda dengan film action Hollywood.

Film action barat lebih menekankan pada fisik karakternya, dengan karakter maskulin seperti Rocky Balboa dan Rambo merajai sinema beberapa dekade yang lalu. Tetapi, film kung-fu terbaik dari Hong Kong lebih menekankan elegansi dan teknik bela diri, serta unsur spiritual dan supranatural dalam pertarungan.

Sedangkan film-film kungfu modern yang dipelopori oleh Jackie Chan lebih mementingkan practicality dicampur komedi.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang genre ini, berikut kami rangkum rekomendasi film kung-fu terbaik yang bisa kamu cek.

Rekomendasi Film Kungfu terbaik

1. Once Upon A Time in China

Once Upon A Time In China

Lumrah rasanya membuka list rekomendasi film kungfu terbaik dengan salah satu film yang mengangkat nama Jet Li,Once Upon A Time In China. Dalam film ini, Jet Li berperan sebagai pahlawan cerita kuno China, Wong Fei Hong.

Ber-setting di sekitar abad ke-19, menceritakan perjuangan Wong Fei Hong penuh fanatik, patriotik, dan politik, dalam melawan serangan asing.

Once Upon A Time in China memenangkan penghargaan di Hong Kong Film Awards dalam kategori sutradara terbaik dan Best Action Choreography.

JudulOnce Upon a Time in China
, Wong Fei Hung
Tahun Rilis1991
SutradaraHark Tsui
StarringJet Li, Rosamund Kwan, Biao Yuen
IMDB Rating7.2

2. Hero

Hero

Menurut IMDB, Hero adalah film Jet Li terbaik yang pernah dibuat. Tak hanya akting serta action-nya terasa solid, tetapi lokasi dan pemandangannya juga indah.

BACA JUGA  7 Film Gempa Terbaik yang Bisa Bikin Kamu Bergetar Hebat

Zhang Yimou sebagai sutradara terkenal dengan memadukan warna, akting, pertarungan, dan pemandangan untuk membuat film.

Hero menceritakan seorang prajurit tanpa nama yang hendak membunuh raja Qin untuk membalas dendam orang-orang di kotanya. Untuk bisa mendekati sang raja, prajurit tersebut menyusun rencana bersama tiga pembunuh lainnya.

Hero adalah salah satu film terlaris Asia, menghasilkan 177.4 juta Dollar di box office.

JudulHero , Ying xiong
Tahun Rilis2002
SutradaraZhang Yimou
StarringJet Li, Tony Chiu-Wai Leung, Maggy Cheung
IMDB Rating7.9

3. IP Man

Ip Man

Kalau dibuat perumpamaan, maka Ip Man adalah film yang menceritakan petualangan karakter seperti Mr. Miyagi (Karate Kid) sebelum menjadi master. Karakter yang memiliki kebijaksanaan tinggi, kemampuan tinggi, dan nantinya menjadi master yang mengajarkan ilmunya.

“Bagaimana apabila sebuah film dibuat bukan tentang murid bela diri, tetapi tentang gurunya?” Dari pertanyaan inilah dimulai pitch pembuatan film Ip Man.

Ip Man diadaptasi dari kisah hidup guru bela diri Bruce Lee, seorang ahli bela diri Wing Chun dari Foshan, China. Tetapi, momennya mengajar Bruce Lee adalah titik perjalanan karakter ini selesai.

Film ini menceritakan masa mudanya, saat tentara Jepang menginvasi Foshan saat perang dunia kedua. Ip harus melindungi komunitasnya dari jenderal Jepang jahat dengan kemampuan kung-fu miliknya.

Ip Man bisa diibaratkan sebagai pahlawan action layaknya karakter dari aktor Clint Eastwood di Amerika. Siap berkorban, bijak, tak terbantahkan, dan tak kalah setiap kali bertarung. Mungkin para penonton ada yang kurang suka dengan penggambaran kekuatan Ip yang overpowered dan layaknya setengah dewa.

Overall, Ip Man adalah film kung-fu terbaik yang menceritakan fantasi lelaki alpha ala timur.

JudulIp Man
Tahun Rilis2008
SutradaraWilson Yip
StarringDonny Yen, Simon Yam, Siu Wong Fan
IMDB Rating8.0

4. Enter the Dragon

Enter the Dragon

Enter the Dragon menjadi semacam film yang harus dimasukkan apabila menyusun daftar rekomendasi film kungfu terbaik. Memang, film yang dirilis setelah Bruce Lee meninggal ini masih terlihat kasar dan menampilkan koreografi yang medioker.

Tetapi, tak ada orang yang tidak merasa tergugah melihat intensitas Bruce Leed di film. Kematian misteriusnya juga menambah nilai yang dibawa film ini, menjadi semacam legenda yang tragis.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Film Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa, Jelajahi Berbagai Dunia Penuh Intrik

Enter the Dragon menonjolkan betapa simple film ini, tanpa adanya CG dan teknik kamera menipu yang membuat seseorang bisa bergerak layaknya dewa, film ini menjadi testamen tentang batasan fisik seorang aktor bela diri.

JudulEnter the Dragon
Tahun Rilis1973
SutradaraRobert Clouse
StarringBruce Lee, John Saxon, Jim Kelly
IMDB Rating7.6

5. Police Story

Police Story

List film kungfu terbaik ini tak lengkap rasanya tanpa menyertakan Police Story, salah satu film Jacie Chan terbaik. Jackie Chan yang sebelum film ini memiliki ketertarikan untuk menggabungkan action dengan aksi stunt berbahaya, akhirnya mencapai keinginannya di film ini.

Aksi di opening film ini begitu menggugah sampai Michael Bay dan Sylvester Stallone mencoba menirunya. Banyak aksi di film ini yang membuat penonton mempertanyakan kemampuan maksimal fisik manusia.

Jackie Chan memerankan seorang polisi yang terus ditekan oleh penjahat penguasa hukum, dan usahanya untuk mengalahkan para penjahat itu berujung pada deretan aksi sadis dibalut komedi.

JudulPolice Story
SutradaraJackie Chan, Edward Tang
CastingJackie Chan, Maggie Cheung, Brigitte Ling
Tahun Rilis1985
IMDB Rating7.5

6. Kung-Fu Hustle

Kung-Fu Hustle

Tipe film kungfu terbaik yang bisa ditonton oleh semua kalangan. Dijamin, baik muda, tua, wanita, atau pria penyuka kung-fu akan menyukai film ini.

Kung-Fu Hustle layaknya surat cinta dari aktor kenamaan Stephen Chow yang juga berperan sebagai sutradara dan penulis film ini bagi dunia perfilman kungfu.

Berbagai aksi eksplosif menentang hukum alam, teknik-teknik yang mengguncang dunia, komedi yang mengalir bersama karakter yang ada, semua tersaji lengkap di film ini. Film ini juga mengambil arah cerita chosen one yang unik dibandingkan yang lain.

Menceritakan tentang seorang wannabe gangster yang mencoba menipu penghuni sebuah rumah susun kalau dia adalah anggota sebuah organisasi mobster terbesar dan ditakuti di Shanghai. Apa yang tidak dia perhitungkan adalah penghuni rumah susun itu dipenuhi oleh para master kung-fu yang dengan mudah menghajarnya.

Masalah makin membesar ketika bos mobster sungguhan mengincar rumah susun tersebut.

JudulKung-Fu Hustle
SutradaraStephen Chow
CastingStephen Chow, Wah Yuen, Qiu Yuen
Tahun Rilis2008
IMDB Rating7.7

7. The Legend of Drunken Master

The Legend of Drunken Master

Salah satu film terbaik Jackie-chan yang menonjolkan skill bela diri dipadukan kemampuan akting komedi naturalnya. Di film ini, Jackie berperan sebagai tokoh legendaris cerita rakyat China, Wong Fei Hung.

BACA JUGA  5 Film Jepang Soal Cinta Beda Usia, Ada yang Pernah Ngalamin?

Berbeda dengan versi Wong Fei Hung versi Jet Li, Jackie memerankan tokoh legendaris tersebut yang lebih merakyat dan humoris. Dengan ciri khas tinju mabuknya, Jackie bertarung dengan menumpahkan minuman keras ke tubuhya, layaknya Popeye menggunakan bayam.

Sebagai salah satu stuntman dan komedian paling berbakat di dunia sinema, Jackie mampu menunjukkan action yang menggugah dan cepat ketika bertarung, gerakan yang terhuyung ketika mabuk, dan kontak fisik yang begitu meyakinkan.

Menceritakan tentang Wong Fei Hung yang bertarung melawan penindasan imperialis yang ingin merebut artifak kuno China. Action scene Jackie yang dibakar di klimaks 20 menit terakhir film menjadi salah satu momen yang tak terlupakan di film kungfu terbaik ini.

 

JudulThe Legend of Drunken Master, Jui kuen II
SutradaraChia Liang Liu, Jackie Chan
CastingJackie Chan, Ho Sung Pak, Lung Ti
Tahun Rilis1994
IMDB Rating7.5

8. Iron Monkey

Iron Monkey

Di China yang tergerus oleh banjir dan peperangan tanpa henti, orang-orang di pinggiran mengungsi ke kota untuk mencari kehidupan. Tetapi, pejabat yang korup malah mengacaukan itu semua.

Seorang dokter bernama Yang, memutuskan untuk menjadi vigilante Iron Monkey, semacam Robin Hood yang mencuri dari para pejabat korup untuk kemudian dibagikan untuk rakyat yang kesusahan. Usaha Yang dibantu oleh istrinya.

Gubernur yang ketakutan dengan aksi Yang menjadikan anak seorang dokter lainnya, Yen, untuk kemudian memaksanya mengejar Yang. Jadilah dua dokter yang memiliki kekuatan bela diri tersebut terpaksa saling berlawanan.

JudulIron Monkey, Siu nin Wong Fei Hung chi: Tit ma lau
SutradaraWoo Ping Yuen
CastingRongguang Yu, Donnie Yen, Jean Wang
Tahun Rilis1993
IMDB Rating7.5

9. Crouching Tiger, Hidden Dragon

Crouching Tiger, Hidden Dragon

Penggemar komedi minggir dulu. Film yang dibintangi Chow Yun Fat dan disutradarai Ang Lee ini adalah film kung-fu dengan elemen wuxia cerita China kuno, lengkap dengan romansa klasik yang menggetarkan hati.

Ber-setting di abad ke-19, saat dinasti Qing berkuasa di China. Seorang ahli bela diri memberikan pedang pusakanya pada kekasihnya yang tak bisa dia nikahi karena sumpah pada dirinya sendiri. Sebelum berhasil disimpan, pedang itu dicuri dari kekasihnya, dan pencarian pedang itu sampai ke rumah keluarga Yu yang membawa cerita ini pada sebuah spiral konspirasi.

JudulCrouching Tiger, Hidden Dragon, Wo hu cang long
SutradaraAng Lee
CastingChow Yun Fat, Michelle Yeoh, Ziyi Zhang
Tahun Rilis2000
IMDB Rating7.9

10. Kill Bill

Kill Bill

Kita tutup daftar rekomendasi 10 film kungfu terbaik ini dengan Kill Bill.

Kill Bill bisa disebut sebagai surat cinta Quentin Tarantino pada dunia perfilman kung-fu dan asia pada umumnya. Di sebuah kisah balas dendam klasik, seorang assassin yang dikhianati oleh gurunya terbangun dari koma.

Dia bertekad membalas dendam pada gurunya beserta bawahannya yang mengkhianatinya. Jadilah dia menelusuri jalanan Tokyo untuk mencari satu persatu orang yang mengacaukah hidupnya.

Kostum assassin yang diperankan Uma Thurman ini juga merupakan referensi pada kostum yang Bruce Lee pakai di film terakhirnya, The Game of Death.

JudulKill Bill
SutradaraQuentin Tarantino
CastingUma Thurman, David Carradine, Daryl Hannah
Tahun Rilis2003
IMDB Rating8.2

Mana Film Kungfu Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi film kungfu terbaik dari kami. Apakah ada yang kami lewatkan? Apa film favoritmu? Tuliskan di kolom komentar di bawah ya!

%d blogger menyukai ini: